Kamis, 10 Januari 2013

Tips Memilih Sepeda

RepaimanSudah pasti, sepeda adalah kelengkapan utama yang harus Anda miliki, agar Anda bisa melakukan perjalanan jauh dengan sepeda. Akan tetapi, memilih sepeda apa yang tepat untuk kebutuhan Anda, tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada 5 jenis perjalanan turing dengan sepeda, yang tentunya membutuhkan jenis sepeda yang berbeda. Di pasaran ada beberapa jenis sepeda, yang walaupun dirancang khusus (seperti Road Bike, MTB, ATB, dan lain-lain) namun sama sekali tidak didesain khusus sebagai sepeda turing. Akan tetapi, bisa juga digunakan untuk turing setelah melalui beberapa penyesuaian.
 
Agar lebih jelas, mari kita bahas satu per satu sepeda yang umumnya beredar di pasaran.


Gambar Sepeda Gunung
Sepeda Gunung
Sepeda gunung bisa jadi adalah satu-satunya jenis sepeda yang saat ini kita miliki. Saat melihat sepeda ini mungkin saja kita mulai berpikir, kira-kira bisa gak ya sepeda gunung digunakan untuk turing?

Tentu saja sepeda gunung bisa digunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh, atau bahkan untuk keliling dunia sekalipun. Tapi tentu saja, melakukan perjalanan jauh dengan sepeda gunung bukanlah sesuatu yang mudah. Sebagian besar sepeda gunung tidak didesain untuk bersepeda di jalan raya/aspal dalam waktu yang sangat lama.

Selanjutnya, akan kita lihat pilihan-pilihan yang lebih baik.

Walau bagaimanapun, sepeda gunung sangat dapat diandalkan untuk beberapa kondisi jalan. Jika kita merencanakan perjalanan kita akan lebih banyak melalui jalan tanah, berbatu atau offroad, maka sepeda gunung adalah pilihan yang sangat baik untuk perjalanan Anda.




Gambar Sepeda Balap
Sepeda Balap
Sepeda balap adalah sepeda yang biasa kita lihat di lomba balap sepeda jalan raya, seperti Tour de France, atau Giro d'Italia, dengan atlet yang terkenal adalah Lance Amstrong, Contador, atau Tonton Susanto, pembalap jalan raya kita.

Sepeda balap sangat bagus untuk digunakan dalam perjalanan jauh, namun dengan dukungan kendaraan pendamping, dimana seluruh perlengkapan dan peralatan kita dibawa oleh kendaraan pendamping tersebut. Tapi, untuk perjalanan jauh yang mandiri, dimana seluruh perlengkapan dibawa dengan sepeda, sepeda balap tidak dapat digunakan.

Sepeda balap memang dibuat untuk dapat berlari kencang, tapi tidak untuk membawa beban. Dan selain itu, sepeda balap sangat tidak nyaman untuk kita kendarai selama 6 jam atau lebih, setiap harinya.




Gambar Sepeda Recumbent
Sepeda Recumbent
Sepeda recumbent adalah sepeda dimana posisi kita saat mengendarainya sama dengan posisi kita saat duduk di kursi malas. Banyak yang menggunakan sepeda ini karena mereka memiliki masalah dengan punggung atau lututnya, tapi banyak juga yang mengendarainya karena sepeda ini menurut mereka menyenangkan untuk dikendarai.

Walaupun tidak semua, beberapa sepeda recumbent ada juga yang sudah dilengkapi perlengkapan untuk melakukan perjalanan jauh. Sebelum memutuskan untuk membelinya, lebih baik banyak bertanya atau survei dulu. Untuk kondisi di Indonesia, selain karena masih impor dan harganya cukup mahal untuk rata-rata sepeda, beberapa sepeda recumbent terlalu rendah untuk digunakan di jalan raya dan berpotensi membahayakan keselamatan.




Gambar Sepeda Lipat
Sepeda Lipat
Sepeda lipat identik sebagai sepeda para commuter, tapi seiring dengan meningkatnya pelaku perjalanan jarak jauh dengan sepeda, produsen sepeda lipat mulai membuat sepeda lipat yang didesain secara khusus sebagai sepeda lipat untuk perjalanan jarak jauh, atau sepeda turing.

Keunggulan sepeda lipat dibanding sepeda lain adalah, kita bisa mengemasnya dalam sebuah koper/tas khusus, dan menyimpannya di bagasi pesawat, kapal laut, kereta, atau bus. Dan, kita bepergian bersama dengan sepeda kita dengan lebih mudah. Bepergian dengan membawa sepeda utuh tentunya tidak selalu mudah, karena itu sepeda lipat walaupun bagi sebagian orang bentuknya dianggap aneh, memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri.




Gambar Sepeda Turing
Sepeda Turing

Nah, akhirnya kita sampai ke sepeda turing. Ini merupakan sebuah sepeda yang memang didesain khusus untuk perjalanan jauh dengan bersepeda.

Sebenarnya apa sih yg membedakan sepeda turing dengan sepeda lainnya?

Ada beberapa hal yang membedakan. Berikut ini beberapa kelengkapan yang umumnya dimiliki oleh sebuah sepeda turing:

- Sepeda turing memiliki tapak ban yang lebih lebar dibanding sepeda balap, yang memungkinkan sepeda turing mampu membawa beban lebih berat, dan juga dikendarai di jalan rusak. Sebagian besar sepeda turing mampu mengatasi kondisi jalan-jalan tanah, berbatu atau jalan rusak.

- Sepeda turing biasanya dibuat dari baja tahan banting. Karena sepeda turing dituntut untuk mampu membawa beban extra berat, maka frame sepeda turing harus dibuat dari bahan yang lebih kuat. Umumnya, yang banyak digunakan adalah jenis baja Chrome Moly (CrMo 4130).

-Produsen dan desainer sepeda turing tahu betul bahwa pesepeda turing akan banyak menghabiskan waktu yang sangat panjang, di atas sadel, karena itu mereka mendesain sepeda yang lebih nyaman untuk punggung, pantat, tangan/lengan, dan leher kita.

- Pada sepeda turing posisi kita akan lebih tegak dibanding posisi kita saat mengendarai sepeda balap atau sepeda gunung.

- Pada sepeda turing, sudah tersedia kelengkapan untuk memudahkan kita memasang rack depan dan belakang, agar kita dapat membawa tas pannier di sepeda kita.

- Selain itu, ada beberapa kelengkapan kecil lain yang ada (bisa juga tidak) pada sepeda turing, agar lebih nyaman dikendarai dalam perjalanan jarak jauh. Misalnya, pegangan pompa tangan, atau tempat jari-jari sepeda cadangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar