Rabu, 23 Januari 2013

Tips Agar Foto Tidak Hilang di Memory Card


Memory Card
Memory Card sebagai tempat penyimpanan data atau hasil foto ketika memotret merupakan harta paling berharga fotografer.

Segala momen indah disimpan dalam kartu kecil tersebut. Tanpa memory card, kamera digital tidak akan bekerja dan beroperasi merekam gambar dengan tepat.

Oleh karena itu akan sangat bahaya apabila memori itu rusak atau error hanya karena keteledoran anda dalam merawatnya. Akibatnya bisa fatal dan anda akan kehilangan moment tersebut.

Untuk menghindarinya tips ini akan membantu anda supaya selalu menjaga baik-baik sohib kamera anda, yaitu memory card.



1. Perhatikan Kapasitas Memory Card

Sehabis mengambil gambar maka kamera akan menghitung mundur banyaknya foto yang dapat disimpan dalam memory card. Jangan sekalipun memaksa kartu memori untuk menyimpan memori melebihi kapasitas karena bisa jadi beresiko kehilangan foto sebelumnya.

Hal itu karena memory akan mencari ruang untuk gambar terbarunya. Maksimalkan saja kapasitas memori secukupnya, jangan melebihi batas.

2. Format

Formatlah memori card sebelum kamera digunakan. Hal itu karena akan membuat memory fresh sebelum digunakan untuk menyimpan gambar.

Lebih bagus menggunakan memory yang berbeda ketika menggunakan kamera yang berbeda. Atau lebih baik sebelum memindahkan memory ke kamera lain harus diformat atau dipindahkan terlebih dahulu. Hal itu untuk menghindari kerusakan file foto. Bahkan bisa menyebabkan kegagalan dalam penyimpanan.

3. Gunakan Card Reader

Pemindahan foto langsung dari kameranya akan membuat baterai kamera cepat habis. Oleh karena itu alangkah lebih baiknya menggunakan perangkat media yang lain seperti card reader. Card Reader yang berkualitas akan membantu memindahkan data secara cepat, namun hati-hati juga pada card reader yang kurang berkualitas karena bisa-bisa memorinya yang rusak.

4. Tandai Memory card

Para fotografer saat ini banyak sekali mengabadikan momen. Apalagi bagi para traveller, dan biasanya menyiasati dengan menggunakan memory ganda. Ketelitian perlu diperhatikan karena salah-salah memory kosongnya tertukar dengan yang full terisi sehingga bisa menghambat proses memotret. Baiknya pisahkan di tempat yang berbeda serta diberi tanda supaya bisa dibedakan.

5. Mengelola dan Menyimopan Memory Card

Gunakan dompet penyimpanan atau tempat khusus untuk menyimpan memory supaya terhindar dari debu, lembab dan faktor lain . Jangan dismpan terlalu lama dalam kamera atau di saku tas kameran karena akan mudah terkena debu. Ketika debu masuk lubang CF card maka akan dapat merusaknya.

6. Jangan Panik Ketika Memory Basah

Jangan panik ketika memory anda basah kehujanan atau tercemplung ke dalam air. Jika itu terjadi memory kering, setelah dua hari barulah coba memindahkannya menggunakan card reader.

7. Backup

Pindahkan foto ke komputer sebelum memformat atau menghapusnya. Pastikan anda telah memindahkan semua file ke dalam komputer. Barulah anda bisa format memory card untuk menjaga umur memory. File foto merupakan harta berharga para fotografer. Apiklah pada memory card anda.

Beberapa tips di atas akan membantu anda untuk menjaga memory card dalam waktu yang lama. Bisa juga menggunakan memory card dalam jangka waktu lama dan dengan kualitas gambar yang maksimal karena kualitas memory yang selalu terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat ya dan selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar