Kamis, 17 Januari 2013

Tips Memilih pelumas tepat untuk mobil atau motor anda

Picture Macam pelumas
Macam-macam pelumas
Tips Pemilihan Pelumas Kendaraan Anda
Apa sih yang harus diperhatiin untuk memilih pelumas???

tapi sebelum membahas tipsnya, saya ingin sedikit menyinggung apa sih pelumas itu? Pelumas itu turunan dari ilmu tribology yang mempelajari tentang :
1. Gesekan (Friction)
2. Keausan (Wear)
3. Pelumasan (Lubrication)

Pelumasan (lubrication) adalah proses menyisipkan bahan tertentu (disebut "pelumas") diantara dua permukaan yang saling kontak dengan tujuan untuk mengurangi gaya gesek dan oleh karena itu mengurangi keausan.

Fungsi Pelumas sendiri ada 3 yang mendasar, yaitu :
1. Melumasi (Lubrication)
2. Mendinginkan (Cooling)
3. Membersihkan (Cleaning)

Image Lube Function

Pelumas-pelumas yang ada itu kandunganya adalah dari 2 unsur utama :
1. Lube Base Oil
2. Additive
Image Lube Base Oil


itulah pelumas yang kita pakai sehari-hari. Selayaknya manusia Pelumas adalah "Darah" bagi kendaraan (Engine terutama) kita, jadi agar kendaraan kita tidak sakit harus dilakukan pemilihan pelumas yang tepat

Tepat :
JENIS
Setiap jenis engine memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga membutuhkan jenis pelumasan yang berbeda-beda pula. Contohnya untuk mesin diesel membutuhkan pelumas yang mampu menetralkan asam karena hasil pembakaran solar yang menghasilkan asam cukup tinggi (dari kandungan SOx, NOx) sehingga pelumas untuk jenis mesin bensin tidak cocok digunakan pada mesin diesel. Selain itu pelumas untuk mobil digunakan untuk motor juga tidak cocok karena di motor menggunakan sistem "wet clutch" sedangkan mobil "dry clutch" sehingga perlu adanya tambahan additive anti slip pada pelumas motor.

MUTU
Tidak halnya dengan jenis mutu juga harus diperhatikan, untuk jenis-jenis mobil lama (tahun 80-90) membutuhkan jenis oli yang lebih kental dibandingkan dengan mesin-mesin pada mobil baru, karena mesin-mesin di jaman itu memunyai beban yang cukup besar sehingga membutuhkan oli yang lebih kental. sebaliknya dengan mesin-mesin baru yang sudah di desain dengan teknologi lebih baik sehingga gap antara piston dengan dinding chamber lebih rapat dan jenis pelumas yang kental tidak mampu masuk dan melumasi celah-celah yang sempit.

JUMLAH
Jumlah yang kita injeksikan ke dalam ruang mesin haruslah pas, tidak boleh terlalu banyak maupun sedikit. Harus dalam batas toleransi yang diinstrusikan. Karena apabila terlalu banyak mengurangi ruang gerak dari mesin (piston) sehingga kerja mesin menjadi lebih berat dan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Begitu juga sebaliknya kekurangan pelumas dapat mengakibatkan hal yang lebih fatal, suhu kendaraan meningkat sehingga berkemungkinan fatigue lebih tinggi.

WAKTU
Pastikan tidak melewati batas waktu pakai yang dianjurkan. karena seiring waktu pemakaian kinerja dari pelumas menurun.

TEMPATNYA
Oli mengenal jenis single grade dan multi grade, untuk pelumas multi grade diperuntukan penggunaanya pada daerah-daerah yang memiliki lebih dari 2 musim.


itu semua sedikit dasar yang mungkin bisa jadi tambahan pengetahuan (mohon koreksi buat para ahli) setelah kita tau fungsi-fungsinya dan cara pemilihan pelumas yang tepat, untuk pelumas-pelumas kendaraan (motor, mobil bensin dan diesel) sebenernya udah ada yang mikirin lebih jauh. Ada 2 organisasi besar yang sering kita dengar, yaitu SAE (Society America Engineer) yang mengatur batas kekentalan sebuah pelumas dan,para engineer yang tergabung dalam sebuah asosiasi yang bernama America Petroleum Institute atau biasa dikenal API. Yup, gabungan para engineer ini bergabung untuk menstandarkan performance level sebuah pelumas. Yang sering kita denger mungkin :


Image SAE


nah SAE ini merupakan standar kekentalan yang ditetapkan oleh para ahli pelumas.


Image SAE Standard

huruf "W" disana berarti WINTER mewakili pelumas2 yang multi grade.

selain SAE ada hal lain yang kita sebut performance level yang ditetapkan oleh para ahli di Amerika sana (API) untuk jenis mobil berbahan bakar gasoline (bensin) itu di awali dengan huruf S, kependekan dari Spark atau sekarang disebut Service, saat ini sudah keluar API S-series mulai dari API SA hingga yang paling terbaru adalah API SN (saat blog ini dibuat) . Sedangkan untuk engine yang berbahan bakar diesel diawali dengan huruf C, kependekan dari Compression, saat ini API untuk C-series yang paling terbaru adalah API CJ-4.


API ini mengikuti perkembangan dari teknologi Engine yang dibuat para OEM (Original Engine Manufacturer) karena semakin kesini teknologi makin maju dan kendaraan dituntut untuk bisa hemat bahan bakar maka Engine2 yang dirancang dengan tingkat ketelitian lebih tinggi sehingga membutuhkan pelumasan yang lebih encer.


Selain performance level yang harus kita perhatikan dalam pemilihan pelumas untuk kendaraan yang kita sayangi, setiap pelumas yang bagus harus mendapatkan pembuktian (approval) dari berbagai OEM seperti mis: BMW, Mercedes Benz, Volkswagen, etc. Karena dengan adanya Approval dari OEM membuktikan bahwa pelumas ini dapat digunakan untuk Engine mereka. Kalo mereka aja udah membuktikan berarti kita sudah tidak perlu khawatir lagi tentang kemampuan pelumas ini. Tapi hati-hati ya, karena ada beberapa pelumas yang "mengaku-aku" mendapatkan Approval, untuk tau mana yang asli dan gak tinggal kita cek aja di websitenya para mbahnya pembuat engine mobile tersebut.
contohnya cek disini

Terakhir yang tidak kalah penting hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pelumas adalah Harga. Udah pasti kita ingin mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga yang seekonomis mungkin.
Untuk itu kita harus pilih pelumas yang murah tapi tidak murahan, karena ada beberapa pelumas yang sangat murah sehingga tidak masuk akal. Misal dia mengatakan bahwa pelumas ini Fully Synthetic tetapi harganya dibawah 50rb. Ini bisa dibilang hal yang mustahal, hehe. karena bahan dasar pelumas (Base Oil) untuk Fully Synthetic (Group IV PAO) mahal. jadi harganya pasti diatas 75rb (tergantung berapa banyak additive yang dia pakai) dan bukan hanya Base Oilnya aja yang mahal, untuk base oil ini membutuhkan jenis Additive yang spesial juga dan pasti harganya mahal juga. hehe,,

mungkin itu aja sedikit sharing dari saya mengenai trik-trik memilih pelumas. supaya kendaraan kita awet dan performanya optimal,, sekian. Wass,

1 komentar:

  1. Hanya sekedar memberitahukan informasi yang sesungguhnya dan sebenar-benarnya. Motor matik pakai enduro matik, motor lain-lain Enduro 4T, kalau mau tarikan ringan pakai Enduro Racing. Enduro, Mesran dan Prima XP adalah produk buatan Pertamina. Satu-satunya pembuat produk dalam negeri terbesar. Tahukah kalian saat ini hutang kita naik dari 2000 trilyun di tahun 2013 dan jadi hampir 4000 trilyun di 2014? Tidak mungkin jumlah korupsi mencapai 2000 trilyun. Korupsi di proyek sebesar Hambalang saja hanya maximal 1.5 trilyun. Artinya nilai maximal korupsi dinegara kita paling hanya 50-100 trilyun setahun untuk semua proyeknya per tahun. Lalu bagaimana bisa hutang kita meningkat 2000 trilyun dalam setahun? Jawabannya adalah karena KITA SENDIRI. Bayangkan tiap pagi kita sikat gigi pakai pepsodent buatan Amerika, pakai HandPhone Samsung buatan Korea dan mainan Laptop Lenovo dari China. Kita beli HP Samsung 8 juta padahal produsennya di Korea hanya butuh 2 juta untuk produksi. Artinya yg 6 juta kita sumbangkan ke negara lain. Dan tanpa disadari setiap hari kita melakukan ini. Rakyat kita terjajah secara perekonomiannya. Bisa-bisanya rakyat memilih oli Shell, Honda, Yamaha, dibanding oli Pertamina yang produk dalam negeri? Rakyat kita yang bodoh kurang cinta negara dan selalu membangga2kan produk asingnya (Motul, Samsung, Apple). Setiap kali import kita lebih besar dari pada export maka hutang negara kita meningkat. Tahukah kalian apa yang terjadi jika hutang kita terlalu besar dan kita tidak bisa bayar? Ya kita akan seperti Yunani ataupun Bolivia dimana negaranya bangkrut dan dijajah kembali, dirampas, uang pajak bukan untuk pembangunan tapi untuk negara lain. Tahukah kalian untuk setiap botol produk pelumas Pertamina yang kalian beli, keuntungannya langsung masuk ke kas negara? ke APBN kita untuk biaya pendidikan, perbaikan jalan, dan kesehatan? Tentu tidak tahu, karena otak kalian dicuci oleh iklan, hanya cinta Top One, Federal, dan Castrol. Jaman dulu kita perang lawan penjajah dan merdeka itu mudah, hanya ambil bambu runcing dan perang. Jaman sekarang gimana kita mau perang kalau kita dengan sukarelanya menyumbang lebih dari 50% uang kita ke negara asing. (Harga Samsung 8 juta, biaya produksi Korea hanya 2 juta, kita nyumbang Korea 6 juta (75%)). Jaman penjajahan saja kita hanya dipungut 50% dari padi yang kita tanam secara paksa, namun sekarang kita ikhlas memberi lebih dari 50% penghasilan kita ke bangsa Asing. Kenapa? Karna produk mereka lebih bagus? Siapa bilang Shell, Federal, Castrol, Top One, AHM, Yamalube lebih bagus dari Mesran, Prima XP dan Enduro???

    BalasHapus